Pages

Rabu, 18 Juni 2014

KDS


Tercengang, kaget sampai ingin meluapkannya lewat airmata, tapi ditahan, ditahan sebisa saya, tidak enak harus bersikap yang berlebihan di situasi yang memang sudah biasa seperti ini. Biasanya saya hanya melihat hal-hal ini terjadi dalam film, kekerasan pada siswa oleh guru-guru di sekolah, dulu ada film judulnya “iam not a stupid” bercerita tentang pendidikan anak dan kekerasan pada anak, dan disini hampir setiap hari saya menyaksikan hal lumrah itu, para siswa dipukul dengan rotan, dengan tangan, dan itu bukan hanya terjadi pada tingkat SMP atau SMA yang secara fisik sudah lebih kuat, tapi hal ini juga terjadi pada siswa TK dan SD bahkan saya sempat tak bisa berkata-kata ketika pertama kali mengajar SD yang pertama kali diberikan oleh guru kelasnya ada kayu panjang, gunanya untuk memukul siswa yang nakal di kelas, setiap guru yang masuk membawa kayu panjang itu, entahlah saya Cuma bisa tercengang dalam hati.
Di upacara bendera yang takzim pun bila siswa bermasalah dipukul oleh kepala sekolah di depan seluruh siswa, dengan rotan kayu dan itu sepertinya sakit sekali, saya tidak bisa membayangkan setelah itu si anak bisa duduk atau tidak di kelas, karena yang dipukul bagian (maaf) “pantat”. Seperti itulah realita disini, meskipun saya diberi rotan kayu panjang itu saya tak pernah berani dan tak pernah ingin melayangkan tangan saya mengasari mereka, apalagi untuk seusia SD dan TK.
Saya bersyukur sekali hidup di negara yang sangat baik dan manis dalam memperlakukan murid, ada guru yang melakukan tindak kekerasan saja sudah jadi tranding topik dimana-mana, belum lagi kak seto muncul di media, kena pasal UUD kekerasan, ah pokoknya banyak sekali akibat yang harus ditanggung. Dan saya sangat bersyukur, karena saya tidak suka dikasari, tidak suka juga kekerasan.
Bersyukurlah hidup di tengah-tengah lingkungan yang memperlakukan kita dengan baik dan sopan, J rindu tanah airku...


18 Juni 2014
Pakpayoon, Pathallung.


1 komentar:

  1. gak semua sekolah nay hihii...terutama sekolah negri udah g da acra kyk gt hehee

    BalasHapus